Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara untuk mengatasi permasalahan yang pernah saya alami pada Server di Localhost.

Lumayan bikin pusing juga sih, tetapi berkat teman saya yang baik hati saya jadi tahu cara mengatasi permasalah tersebut.Kronologi nya pada saat saya melakukan install sound card pada server, setelah kompinya di restart terjadilah error pada localhost.Pada Firefox tertulis error “Firefox can’t establish a connection to the server at localhost”.Lihat gambar error pada browser dibawah ini.

Berikut ini adalah cara penanganannya, cekidot.

Langkah pertama adalah membuka Terminal Console, karena saya masuk sebagai user client bukan admin, jadi saya harus melakukan ssh terlebih dahulu, berikut ini adalah sintak ssh pada terminal console “ssh useradmin@gateway” contoh : “ssh sofyan@192.168.2.2”, kemudian masukan password adminnya.Kemudian ketikkan sintak perintah “sudo /etc/init.d/apache2 restart”.Seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.

Pada gambar tertera 5 petunjuk merah.

  • Petunjuk pertama (1) adalah sintak untuk ssh,
  • Petunjuk ke dua (2) adalah untuk me-restart apache, namun pada petunjuk ini setelah melakukan restart pada apache server terdapat kegagalan yaitu dengan tanda pada petunjuk yang ke 4.
  • Sedangkan petunjuk ke tiga (3) adalah sintak directory yang gagal ter-install (Hehe..yang telah saya terangkan barusan, setelah install Sound Card, namun gagal.)
  • Kemudian petunjuk yang ke lima (5) adalah sintak untuk mengembalikan/meremove directory yang error, yaitu dengan sintak “sudo mv  /usr/local/zend/lib/libssl.so.0.9.8  /usr/local/zend/lib/libssl.so.0.9.8.g.bak” seperti yang terlihat pada gambar diatas.

Setelah melakukan langkah-langkah seperti diatas barusan (yang terdapat pada gambar diatas).Langkah Selanjutnya adalah mengetikkkan kembali sintak “sudo /etc/init.d/apache2 restart” atau me-restart apache servernya.Perhatikan gambar dibawah ini.

Setelah ada intruksi sukses / OK seperti yang terlihat pada gambar diatas, maka Apache server (Localhost) dapat di jalankan kembali.

Demikianlah sedikit ilmu yang dapat saya berikan, semoga dapat membantu dan bermanfaat.