Assalamualaikum wr wb

Sudah lama saya tidak posting karena projek yang deadline, akhirnya sekarang bisa posting lagi…langsung aja dech…

Suatu hari saya melakukan download file yang isinya adalah contoh pemrograman PHP (Php Drop Down Menu).Setelah selesai mendownload file tersebut,kemudian saya extrax dan saya taruh di directory var/www/ (Maksudnya supaya bisa di jalankan di Web Browser untuk melihat hasilnya).Kemudian saya buka Web browser dan langsung menjalankan file aplikasi yang sudah saya download, dan apakah yang terjadi????
Teeeeeooooooot………………..FORBIDDEN sodara-sodara….Cekedot @ the Picture.

Error Intruction

Langsung saja saya kebingungan dengan intruksi error pada Web Browser saya.Setelah saya  pikir-pikir, solusinya adalah melakukan access permission pada admin/server (Karena sebelumnya saya menggunakan client server pada komputer yang saya gunakan).Yups dengan menggunakan media Console dan mengetikkan perintah “sudo chmod 777 -R /var/www/fileYangDimaksud/“,

Console Intruction 1

Langkah pertama yang saya lakukan adalah masuk sebagai admin/server pada komputer yang saya gunakan, atau yang lebih dikenal dengan “SSH” seperti yang terlihat pada gambar diatas.

Console Intruction 2

Langkah selanjutnya adalah mengetikkan perintah “sudo chmod 777 -R /var/www/fileYangDimaksud/” seperti yang terlihat pada gambar diatas.

maka jalanlah aplikasi yang telah saya download.

Taraaaaaaaaaaaa……

Running Application Succesed

hehehehehe……….

Semoga dapat bermanfaat ya…Trims…

Wassalamualaikum wr wb