Sedang asyik browsing tiba-tiba muncul “Welcome To NGINX!!” pada browser!

Pernah mengalami hal seperti itu?Kemarin, saat sedang asyik browsing tiba-tiba browser saya menampilkan “Welcome To NGINX!!”. Sekejap saya kaget dan bertanya-tanya apa yang terjadi dengan jaringan saya???

Saya jadi parno untuk masuk yahoo, facebook, atau meng-akses akun saya yang menggunakan password.Ya takutnya saya sedang di Hack.hehehe

Hm, maklum orang awam..hehehe. Jadi tidak tahu apa yang terjadi sehingga muncul tampilan seperti itu.

Setelah saya cari tahu, dan saya browsing dengan laptop lain ternyata tampilan itu bukanlah virus atau aktifitas Hack yang sedang berjalan, melainkan redirect dari server http yang bernama NGINX. Mengapa bisa redirect seperti itu? Karena selama seminggu kemarin jaringan saya terkena problem, dan terdeteksi sebagai spam, yang menyebabkan ip jaringan saya menjadi dinamis.

Ngomong-ngomong tentang NGINX atau Engine X adalah server HTTP dan reverse proxy gratis berbasis open-source dan berkemampuan tinggi, yang dapat juga digunakan sebagai proxy IMAP/POP3. Perangkat lunak ini diciptakan oleh Igor Sysoev pada tahun 2002, dan dirilis untuk pertama kalinya secara umum pada tahun 2004. Saat ini Nginx digunakan oleh 7.65% (22.8juta)nama domain di seluruh dunia.

Nginx terkenal karena performanya yang tinggi, stabil, memiliki banyak fitur, mudah dikonfigurasi, dan menggunakan sedikit sumberdaya pada server.

Nginx adalah salah satu dari sebagian perangkat lunak untuk server yang diciptakan untuk mengatasi masalah “C10K” (en). Tidak seperti perangkat lunak server yang lainnya, Nginx tidak bergantung kepada thread untuk melayani klien. Sebaliknya, Nginx menggunakan arsitektur asynkronus yang lebih stabil. Arsitektur ini membutuhkan lebih sedikit memory, dan yang lebih penting, dapat diperkirakan.
Bahkan jika Anda tidak mengharapkan server Anda untuk mengatasi ribuan koneksi pada saat yang bersamaan, Anda masih dapat diuntungkan dengan pemakaian memory yang sedikit namun berkemampuan tinggi. Nginx dapat digunakan dalam semua skala: mulai dari VPS kecil sampai dengan cluster server dalam jumlah besar.

Nginx digunakan oleh beberapa website ternama seperti: WordPress, Hulu, Github, Ohloh, SourceForge dan TorrentReactor.

Nah itu informasi yang saya dapat dari om google.

Jadi jika anda menemukan masalah seperti tadi, tidak perlu panik lagi, cukup dengan refresh atau clear cache browser anda dan kemudian akan kembali normal deh… =)

Referensi : http://wiki.nginx.org/NginxId